Senin, 27 Juni 2016

Gara-Gara Kaos 3 Abad

       Siang itu, di penghujung Sya'ban tepatnya 5 Juni 2016 seperti tahun tahun sebelumnya Dompet Dhuafa Hongkong mengadakan karnaval Ramadhan. Kebetulan, saya tugas bagian ambil air untuk peserta. Tempat ambil air ( toko ) ke tkp lumayan jauh. Akibatnya, badan banjir keringat. Hehe
Setelah selesai ambil air, saya pamit pulang kantor untuk sholat. Nyampe kantor, banyak orang, untuk wudhu pun antri. Segera saya keluar lagi, pergi ke shelter untuk Sholat.
  Singkat cerita, pas saya nunggu antrian wudhu di shelter, ada mbak mbak yang mulai ngajak obrolan.
"Mbak, orang Babakan Cirebon, ya?"
"Bukan, mbak," Jawabku singkat. Saya ga mau banyak ngobrol. Soale saya mondar mandir ngipas ngipas in badan yang bercucuran keringat.
"Lha itu kaosnya?"
"Oh ini, iya.. ini kaos pesantrenku dulu," aku cengengesan, baru tahu dari tadi dia fokus liat kaos. Jujur, ketika itu saya baru nyadar buka kerudung siap-siap berwudhu, jadi tulisan depan belakang kaos keliat.

Saya meninggalkannya, wudhu...

Selesai sholat, dia melanjutkan obrolan. Saya? Berkemas, memakai kerudung dan merapihkan kembali.
"Pon-Pest mana emang mbak?"
"Assalafiyat."
"Lulusan Man Model dong?"
"Iya," aku kembali cengengesan, karena pertanyaannya. "Eh, mbaknya orang Babakan ?'' lanjut tanyaku.
"Iya, saya juga alumni Man Model"
''Ya Allah, ternyata wong dewek cah! Lulus tahun berapa mbak? IPA, IPS, atau Bahasa?
"Lulus tahun 2009, Full Day," Jawabnya.
"Oh, Kenal sama Pak Fauzi, Gm Dd dulu?''
"Kenal, Iya Ang Oji masih saudaraan"
"Ooo......"


Saya bahagia. Rasanya kaya ada ikatan bathin apa gitu, ketika kita bertemu orang yang ternyata dulu sama sama satu atap. Apalagi pernah bareng di bumi Babakan. Tempat saya sekolah hati. Tempat saya belajar banyak tentang hal,  Ngaji rasa, ngaji ucapan dan ngaji perilaku. Sudahlah, bahas Babakan ga pernah tutug akan kenangannya, keberkahannya, dan ke ke lainnya :D
Akhirnya, saya dan dia tuker nama, tuker nomer hape. Sempet saya ngajak dia keluar untuk ikut karnaval. Tapi dia ga bisa ikut, karea ada urusan.


Saya pun pamit, keluar shelter. Melanjutkan tugas yang tertunda. Beberapa menit kemudian, saya sampe ke tempat start karnaval, belakang Sogo Causeway Bay. Lantas bertemu kamu sudah sibuk dengan peserta pawai, '' Koh, frezzmobe beli sida. Angel ngatur e, mau kita coba bengek-bengek, tapi peserta ng guri beli pada kerungu lan paham.''
''Ohya wis teh, beli papa.''


Hk, 22 Ramadhan 1437 H.

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES