Kamis, 01 Desember 2016

Sabar

Malam kamis kemarin, ada obrolan ringan di group. Yakni cerita pengalaman menulis salah satu mentor di Odop 3, Mbak Wiwid.
Selain itu ada kuis. Yah sayang, aku tidak nyimak karena jam segitu aku masih dalam kesibukan kerja. Padahal, kalau aku nyimak, pasti bisa jawab. Hehe. Itu lho, pertanyaan kedua. Semenjak mbak Nazlah ngasih tahu sosok Usman Arrumy, aku sering ngintip akun beliau di IG. *ups!

Ada hal yang aku comot dari obrolan kemarin, ketika ada salah satu anggota yang katanya beberapa kali ditolak penerbit mayor. Aku bacanya terenyuh, padahal ketika scroll chat waktu pagi, masih fresh menyambut hari. Aku ikut merasakan yang dia rasa. Tapi, aku salut, sungguh! Dia sudah berani menulis satu buku. Acungkan jempol deh untuk dia. Apalagi sekarang naskahnya sudah terbit, walaupun indie. Semoga suatu hari naskah yang lain bisa ketemu jodohnya (baca; penerbit) ya, semangat!

Masalahnya comot tadi, lanjut ya...
Setelah baca obrolan, aku jadi ingat pesan seorang penulis di ebook yang dulu saya beli, kata beliau gini, " Jika ingin melahirkan sebuah karya (buku), kita butuh kesabaran tinggi.
● Sabar menyendiri untuk merenung
● Sabar saat memburu berbagai referensi
● Sabar menulis kata demi kata
● Sabar mengedit naskah agar enak dibaca
● Sabar menanti jawaban dari penerbit
● Sabar jika disuruh merevisi oleh editor
● Sabar menanti proses terbit
● Sabar ikut mempromokan buku yang terbit
● Sabar jika ternyata buku nggak laku.
Lalu, sampai kapan kita bersabar? Sampai keinginan kita untuk melahirkan karya sudah mati. Itulah saat dimana kesabaran tidak dibutuhkan lagi."

Beruntung banget aku bisa gabung di Odop 3. Ada saja obrolan yang tak sengaja, yang selalu memberi semangat ketika jatuh. Terimakasih www.Bangsyaiha.com. Sukses untuk kedepannya. Aamiin.

HK, 1-12-2016.

#onedayonepost


2 komentar:

Wiwid Nurwidayati mengatakan...

Eh ada namaku disebut, terimakasih mbak

Musabbiha el Abwa mengatakan...

terimakasih juga udh mampir mb Wid

THEME BY RUMAH ES