Senin, 09 Januari 2017

Coklat Corak Bunga

Awalnya saya ucapkan selamat datang dua ribu tujuh belas. Mohon maaf jika tulisan-tulisanku tidak seperti anggota odop lainnya yang lebih enak dibaca. Hehe. Semua tulisan saya hanya untuk menangkap inti pesan yang saya tangkap dalam kehidupan sehari-hari. Semoga suatu saat inti-inti tersebut dapat saya urai banyak, sehingga bisa lebih enak dibaca.

Deh, klo udah ngobrol susah motongnya hahahaha

Ada hal yang selama ini saya simpan. Jadi 'pikiran' jika tak disampaikan.

Sudah sering kali saya dipuji sama banyak orang. Ketika berpapasan di lift flat rumah, di jalan, di pasar bahkan di mobil umum. Bisa ditebak karena apa?
Karena mereka melihat kerudung yang saya pakai. Kerudung tersebut saya peroleh pemberian teman. Bentuknya instan. Sampingnya ada belahan, atas belahan ada bunga yang terpisah dari bahan polos warna coklat. Sedangkan warna lainnya coklat corak bunga.

Jadi, jika dipakai, hiasan bunga tersebut terletak pas di bawah dagu samping saya.

"Hou leng a lei... "
Kurang lebih itu yang sering dikatakatan mereka. Sambil memegang kepalanya dan menunjuk hiasan bunga di kerudung. Saya tersenyum menanggapnya. Awalnya geer. Karena dipuji. Manusiawi. Hehe. Lama-lama terbiasa, karena saya pikir mereka muji kerudung, bukan saya hiks.

Dengan kejadian tersebut, saya sampaikan hal ini Teh Rizka -pemberi kerudung-.
"Iya Neng... Eteh juga suka dipuji gitu, kalau pakai kerudung itu," jelasnya.

Suatu hari di musim dingin, saya disuruh beli tungku. Ada sebuah toko di bawah flat. Toko tersebut khusus menjual bahan-bahan po dhong. Kebetulan saya sudah akrab dengan penjualnya. Sepasang suami istri, usia kisaran 50an.

Baru saja saya masuk toko. Ibu penjual sudah melotot ke arah saya. Merasa heran, saya hendak bertanya. Tapi saya urungkan, ketika dia mulai ngobrol. Ya, dia memuji kerudung yang saya pakai.
"Beli dimana?" katanya.
"Indonesia."
"Berapa?"
"Murah ko."
Saya menyebutkan angka dollar setara harga rupiah kerudung tersebut.
"Wah, kembeng keh, " katanya.
"Saya mau. Beliin ya," lanjutnya.
Saya balik arah, pulang ke rumah. Belanjaan sudah dibeli. Tapi, tanda tanya besar tiba-tiba mengganguku.
"Apa bisa beli kerudung yang sama persis? Sedangkan kerudung tersebut, model lama."

Bersambung...*

Keterangan;
- Hou leng a lei : kamu cantik
- Po dhong : Sop. Biasanya sop buah yang direbus lama. Kurang lebih 3 atau 4 jam. Dan rempah-rempah, biasanya untuk obat/kesehatan.
- Tungku : Jamur kering.
- Kembeng : Murah.

HK, 10-01-2017.

-Onedayonepost-

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES