Kamis, 04 Agustus 2016

Aris nyantri

Cerita keluarga lewat telfon sangat menghibur selama saya jauh di negri orang. Tadi pagi di sela sarapan, saya nelfon mimi. Kali ini mimi bercerita Aris, adik ke dua saya. Baru beberapa minggu dia masuk pesantren. "Sekarang jelek, sekarang tambah kurus," kalimat mimi yang bikin saya ketawa, pun dengan mimi. Konon, si Aris semenjak SMP, doyan banget ngaca, apalagi kalau mau berangkat sekolah. Seragam sekolah selalu d setrika rapih, rambut selalu di sisir kasep dan muka selalu di poles. "Yah wajar," tutur mimi ketika itu.
Sekarang, di Pesantren boro-boro rutin ngaca hehe.

Kemarin, mimi sengaja maen ke Babakan istighosah, dzikir rutinanan dua bulan sekali. Berhubung jarak dari tempat Istighosah ke Pesantren dekat, mimi sekalian jenguk Aris. Awalnya mimi berharap Aris mau ke tempat, tapi di Pesantren ada kegiatan yang tidak bisa mengizinkan santrinya untuk keluar, merhabanan.

Singkat cerita, dikeramaian mushola yang sedang marhabanan, Mimi menyuruh salah satu pengurus Pesantren untuk manggil jagoannya. Tidak lama Aris datang dengan baju kokoh warna putih yang kebesaran, lengkap dengan kopiah hitam dan sarung ala santri. "Betah beli, nang? Tanyanya. "Ya betah, duite kari satus, Mi. Nunggu Aang ngirim duit masih sue," Jawabnya dengan muka memelas. "Sih kuen bajune sapa? Gede temen? Mimi tersenyum konyol melihat jagoannya berpenampilan asal. "Oli nyelang ning batur, ari bengi jum'at wajib nganggo baju putih," Jelasnya. "Yawis, engko tuku baju putih dewek ya, kih duite. Aange kirim duit minggu arep jeh. Kanggo ngelunasi bayar sekolah kuh," Mimi menutup obrolan.

Setelah itu, mereka berpisah. Aris melanjutkan kegiatan pondoknya. Mimi pergi ke tempat Istighosah-an.

Bagi saya, pesantren tempat paling pas untuk belajar kehidupan. Bukan hanya ilmu agama saja yang di dapat, tapi mencakup semua. Belajar perihatin, makan seadanya, ngantri kamar mandi, bangun tidur harus lebih awal, mengatur waktu antara kegiatan Pesantren dan sekolah formal, dan lain lain. Juga belajar jadi pemimpin, mulai dari kepungurusan kamar, kelas ngaji, sampai pengurus Pesantren. Dan yang lebih penting pesantren itu tempat belajar hati, ngaji rasa.

Ket:
Mimi : Panggilan untuk orang tua, ibu
Babakan : Nama salah satu Desa di kecamatan Ciwaringin, Cirebon
Betah beli nang : Betah nggak nak?
Duite Kari satus Mi, nunggu aang kirim masih sue : uangnya tinggal seratus, nunggu kakak kirim, masih lama.
Sih kuen bajune sapa? Gede temen: Bajunya siapa? Besar banget
Oli nyelang ning batu Mi, Ari bengi jum'at wajib nganggo baju putih: Minjem sama teman, buk. Kalau malam jumat wajib berpakaian putih.
Yawis engko tuku baju dewek ya, kih duite. Aang kirim duite minggu arep. Kanggo nglunasi bayar sekolah : Ya udah nanti beli baju sendiri ya, nih uangnya. Kakak ngirim uangnya minggu depan. Buat melunasi bayar sekolah.

* Malam jum'at di penghujung Syawwal 1437 H

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES