Minggu, 27 Mei 2018

Belanja di Bulan Ramadan

Belanja merupakan aktivitas menyenangkan sekaligus menguras tenaga. Kegiatan ini sangat dekat dengan wanita. Hehe. Ayo, ngaku?!

Apalagi di bulan puasa, kegiatan ini dilakukan setiap hari, belanja sayur mayur buat persiapan buka dan sahur. Belum lagi menjelang beduk maghrib tiba,  orang-orang berbondong menyerbu pedagang kolak -makanan manis- atau es. Nah kan belanja lagi?!

Menyambut lebaran pun tak luput dari belanja. Baju, kerudung, peci, sarung, dan jenis pakaian lainya harus baru. Iya kan? Hehe
Eh makanan! Ya, lebaran rasanya tak lengkap dengan suguhan spesial. Bikin ketupat, opor, berbagai macam kue kering, bolu, puding, dan lain-lain.

Boleh saja sih, toh itu sebagai hadiah untuk anak atau adik bisa puasa sebulan penuh di bulan ramadan. Tapi kalau berlebihan? Kurang baik juga. Tulisan ini nasihat untuk diri saya dan kelaurga.

Mumpung ramadan, bulan dilipatgandakan segala amal, baiknya belanjakan saja harta kita untuk mereka yang membutuhkan. Nabi pun menganjurkan untuk umat-Nya, bahwasanya siapa saja yang memberi sebutir kurma atau seteguk air untuk orang yang berpuasa maka Allah akan memberikan pahala.

Di kampung saya, orang-orang pada ngasih makanan atau snack dan minuman kepada masjid atau musala. Untuk nanti dibagikan kepada jamaah tarawih. Bisa jadi, apa yang mereka lakukan  adalah bentuk sedekah di bulan penuh barokah.
Semoga.

Jadi? Tunggu apalagi? Ayok Belanja di bulan ramadan, membelanjakan harta di jalan-Nya:)

#RWCODOP2018
#Onedayonepost

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES