Jumat, 18 Mei 2018

Sirup Ramadan

Senin kemarin, tepatnya tiga hari sebelum puasa, saya, Sinchan, Sintia dan Yayu berencana masak lalu makan bareng di kos.
Di kos Mbak ya, kata Sincan suatu hari, memohon kepada saya.
Kebetulan saat itu kami giliran shift pagi, jam dua siang selesai kerja, meninggalkan gedung besar itu.
Yayu ikut Sincan pulang awal. Membeli sayur.
Sedangkan saya dan Sintia jalan kaki.

Panas menyengat, membuat tenggorokan kami kering, minta disiram.
"Mbak, beli es yuh," ajak sintia saat kami baru keluar dari gerbang utama. Di depan sana, banyak pedagang.
"Beli es kelapa muda di depan gang kos saya ya, di sini mah pake gula buatan," jawabku.
Gadis asli sunda itu mengiyakan.

Tak lama, kami tiba di tempat. Memesan dua bungkus. Seorang bapak sigap melayani, lalu menyerahkan dua bungkus putih bening. Saya merasa aneh saat menerima.

"Eh kok warnanya merah. Biasanya warna coklat, pakai gula merah. "

Sintia diam melihat saya berbicara seorang diri di sepanjang jalan.
"Mungkin ini sirup, Mbak. Ya, walaupun tanpa sirup pun es ini sudah manis karena susu kental, ya. Tapi untuk menambah manis kali."
"Iya, iya... "

Kami jalan ke arah kos, Sinchan dan Yayu sudah sampai. Ngeliwet, nyambel, lalap dan goreng tempe ikan, menu yang akan kami buat.

Entah ini makan malam atau makan siang. Kami sudah makan nasi yang disediakan oleh perusahaan pukul sebelas. Heuheu. Makan bareng sebelum puasa, kata mereka.

(Cerita ngeliwet, saya lanjut di lain waktu ya. Hehe)

BTW, sirup sebagai penambah manis dalam es kelapa. Ada hal yang bisa dilakukan saat Ramadan. Agar Ramadan makin manis (utama). Salah satunya membaca Al Quran. Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk kita, umatnya. Semoga beliau mengakui kita sebagai umatnya. aamiin.

Membaca Al Quran akan mendapat sepuluh kebaikan setiap hurufnya. Sedangkan amal yang dilakukan pada bulan berkah ini akan dilipatgandakan. Waw!
Jadi, yuk... Gunakan satu bulan ini dengan baik. Semoga khatam, lalu khatam lagi dan khatam terus.

Rawabadak, Subang di malam tanpa bintang
#RWCODOP2018 #Day1 #OneDayOnePost #Ramadan1439H

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES