Minggu, 27 Mei 2018

Sahur: Makan Spesial dalam Satu Tahun

Siapa yang benar-benar menikmati makan sahur? dengan kondisi tubuh lemes, mata masih sepet (salak kali!) dan belum sadar penuh. Saya pun harus mengakui, bukan saya. Hiks

Tak terasa pekan pertama terlewati, semoga makin semangat segala ibadahnya, salah satunya sahur.

Sahur, makan pagi hari sebelum waktu shubuh tiba, sebulan dalam satu tahun. Spesial kan? Iya. Tapi, ada saja yang malas melakukan aktivitas ini, contohnya saya. Hehe

Berikut saya bagi tips, supaya tetap semangat saat sahur:

1. Mandi
Jika waktu memungkinkan, bangun tidur segera mandi lalu salat tahajud. Dijamin seger! Sahur pun jadi semangat. Ini pengalamn saya saat dapet shift dua, pulang kerja sekitar pukul 22:15, setibanya di kos, saya langsung tidur (ga sengaja) dan belum salat isya. Alhamdulilahnya Allah bangunkan saya sebelum habis waktu isya. Sekitar jam dua. Alhasil saya mandi. Seger! sahur pun jadi semangat.

2. Percaya atau tidak, gadget ngaruh besar. Siapa yang bangun tidur, ga langsung tengok benda ajaib ini? Hehe. Gadget membuat mata terbuka. Apalagi kalau sudah  berselancar ke sosial media. Gunakan saja kesempatan ini supaya sahurnya semangat, ga ngantuk. Namun, tidak perlu kelamaan nanti keterusan, ga fokus makan dan teman sebelah. Hehe

3. Wudhu
Ya, walaupun ga mandi, biasakan wudhu. Supaya wajah kita cerah. Lebih utama lagi, salat dua rakaat:)

4. Sadar akan keutamaan sahur

Sahur itu sunah. Waktu sahur adalah berkah. Waktu sahur adalah waktu mustajab doa-doa kita. Jika kita punya kesadaran tentang hal itu, tidak ada rasa malas ketika bangun sahur. Semoga.

#RWCODOP2018
#Nasihatdiri

Rawabadak, dalam terangnya bulan :)

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES