Senin, 21 November 2016

Renungan (1)

Alkisah, ada seorang gadis hidup di Negeri rantau untuk mencari rezeki. Ditengah kesibukannya kerja, dia rajin menulis. Dia gabung beberapa grup online belajar kepenulisan untuk memperbaiki tulisanya yang asal.

Suatu hari, dia mendapatkan kabar bahwa ada lomba menulis. Lomba tersebut dibagi dalam beberapa jenis diantaranya cerpen, opini dan kisah inspiratif. Temanya tentang "Melestarikan Budaya."

Berhubung belum bisa menguasai cerpen, akhirnya dia memutuskan ikut lomba kisah Inspirasi. Dengan sisa waktu yang ada, dia semaksimal mungkin mencari bahan tulisan.

Dia bingung. Pasalnya, tidak ada teman satupun yang aktif meletarikan kebudayaan Nusantara selama di Negeri rantau. Akhirnya, pagi-pagi sekali di hari libur, dia keliling di tempat-tempat tertentu. Tak lama dia menemukan organisasi yang kebetulan selalu mengadakan latihan tarian Nusantara. Diapun minta nomer kontaknya.

Di hari kerja, dia menghubungi untuk bertanya tentang banyak hal ke salah satu anggota organisasi tersebut. Awalnya selalu di balas, tapi hari-haru selanjutnya malah tidak di respon. Seketika putus asa menyapa. Bagaimana bisa menulis kisah jika tidak ada bahan tulisannya? batinnya.

Tak mau menyerah, dia mencari info ke salah satu teman jurnalis. Tak disangka, melalui perantaranya dia dikenalkan dengan temannya yang suka nari jaipong.

Akhir cerita, dia ikut lomba dengb menuliskan kisah, 'Penari Jaipong di Negeri Rantau.'

Niat kuat akan membuka lapis-lapis kemudahan. Ia akan menutup ruang kesulitan.
#Onedayonepost
HK, 22-11-2016.

Tidak ada komentar:

THEME BY RUMAH ES