Sabtu, 26 November 2016

(3)

Guruku Idolaku

Masih hangat untuk mengenang sesorang yang mengajarkan dengan penuh keikhlasan. Sosok itu adalah guru.

Banyak sekali guru kehidupan yang saya temui hingga detik ini. Sedikit saya ceritakan salah satu diantara mereka.

Sosok itu saya temui ketika usia 10 tahun hingga belasan. Beliau adalah guru ngaji saya. Saat itu umur beliau masih sangat muda, tiga puluh tahun-an. Dan belum berkeluarga.

Suaranya yang merdu, kesempatan beliau untuk melatih para santrinya bersholawat. Tidak heran jika santrinya banyak yang mahir bersholawat dan adzan.

Pernah pada suatu hari, disela beliau menerangkan pelajaran, tiba-tiba beliau bertanya satu persatu kepada santrinya,
"Kamu di rumah udah pake kerudung belum?"
Satu persatu dari kami menggeleng. Ya, saat itu kami belum terbiasa pake kerudung. Walaupun pagi sekolah formal pake, siang sekolah madrasah pake, pulangnya tetep saja lepas kerudung. Saat itu, saya pikir masih kecil untuk pake kerudung tiap hari diluar sekolah dan ngaji. "Ntar aja, kalau udah gede. Kalau udah mesantren," pikirku saat itu.

Melihat santrinya pada jawab, ustadz langsung tersenyum kemudian berkata, ''Orang yang berkerudung itu supaya rambut kita ga keliat. Biasanya, banyak orang yang penasaran sama kita yang berkerudung. Kenapa? karena mereka ingin tahu sesuatu yang ditutup. Beda dengan orang yang ga pake, mereka bakal cuek. Karena udah terbiasa liat auratnya."

Kalau dipikir-pikir penjelasan seperti itu biasa ya. Tapi, dulu waktu saya umur sepuluh tahun-an (SD) merasa termotivasi ajakan beliau untuk menutup aurat.

Itu salah satu pesan yang sangat saya ingat dari beliau.
Beliau menasehati orang sesuai dengan siapa yang ada dihadapnya.

Berjalannya waktu akan berubah, yang dulu niatnya supaya banyak orang yang suka dan penasaran, sekarang niatnya ya karena Allah.

Karena hidup adalah sebuah proses.*

Untuk beliau, guruku...
Yang sudah mendahului kami menemui Tuhan...
Lahumul Fatehah...

#onedayonepost

3 komentar:

MS Wijaya mengatakan...

semoga pahalnya selalu berlimpah dan menjadi penolong disana, aamiin

Ane Fariz mengatakan...

Semoga menjadi amal jariyah utk alm. Aamiin

Mykarhienblogspot.com mengatakan...

Aaamiiin....

THEME BY RUMAH ES